Pages

Arsip

Sepakbola di negeri adidaya


David, berbicara tentang pengalaman Anda di Major League Soccer (MLS)--liga sepak bola AS dan Kanada-– apakah Anda merasakan meningkatnya popularitas sepak bola di Amerika sejak Anda main di sana?

David Beckham: Satu hal yang saya lihat: makin banyak orang yang menunggu-nunggu pertandingan, menunggu-nunggu pertandingan besar yang kami mainkan, terutama di musim lalu saat final MLS. Tapi menurut saya minat terhadap sepak bola sudah ada sejak lama. Saat saya baru pindah ke sana saya selalu bilang bahwa itu tidak akan terjadi dalam setahun atau dua tahun, itu butuh waktu. Sepak bola Inggris sudah ada sejak bertahun-tahun lalu. MLS baru ada selama 13, 14 tahun. Hal itu akan butuh waktu, tapi minat akan sepak bola selalu ada, penonton makin banyak. Tiap tim punya stadion sepak bola sendiri, ini merupakan hal baru, dan ada tiga atau empat tim baru yang bergabung di MLS sejak saya berada di sana tiga tahun lalu, jadi menurut saya minat akan sepak bola makin berkembang.

Apakah pengetahuan dan minat penggemar di Amerika sebanding dengan di Eropa?

DB: Sulit untuk dikatakan. Minatnya sudah pasti ada. Pengetahuan – itu semakin berkembang, tapi minat – tidak banyak bangsa di dunia ini yang sangat cinta pada tanah airnya seperti orang Amerika, jadi minat itu pasti ada.


Sepak bola sudah jelas tertinggal jauh dari NFL, NBA, bisbol, tapi apa Anda bisa melihat dalam jangka waktu – mungkin 5 hingga 10 tahun – sepak bola dapat menyaingi olah raga lain tadi dalam hal peringkat popularitas?

DB: Sulit untuk dikatakan, karena olahraga ini sudah ada bertahun-tahun lamanya dan sangat populer di Amerika, dan sepak bola tidak pernah jadi nomor 1, bahkan tidak termasuk 3 besar. Jadi saya rasa sepak bola akan mendekati itu. Entah itu akan jadi sepopuler bisbol, bola basket dan American football, karena itu semua adalah olahraga tradisi yang hebat dan kita semua suka tradisi. Saya orang Inggris jadi saya suka tradisi, dan sepak bola selalu jadi olahraga nomor 1 bagi saya dan akan selalu begitu. Tapi untuk banyak orang Amerika, olahraga nomor satu mereka adalah bisbol, bola basket atau American football, namun menurut saya ada cukup banyak minat terhadap sepak bola untuk menjadikannya sebesar olahraga yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar