Pages

Arsip

3 Tips Agar Tidak Tegang Di Depan Umum

Hari ini saya mau memberi tahu teman-teman bagaimana cara agar kita tidak tegang dan panik jika kita berada di depan umum.
tips ini berkhasiat untuk teman-teman yang kerjanya presentasi "ngitungin duid orang", ceramah, atau lain sebagainya.
hanya sebatas pengetahuan saya saja, mohon maaf bila terdapat kekurangan.


-Lakukan Pemanasan Mulut

Bagian ini sangat penting. Karena ini adalah awal dari segalanya, dan segala sesuatu berasal dari awal. Bagian dapat kita lakukan dengan cara olahraga mulut seperti membuka mulut selebar mungkin sambil mengeluarkan suara yang cukup didengar oleh kita saja, gak usah teriak. Lalu kita juga dapat membentuk mulut kita dengan huruf vokal, seperti A,I,U,E,O sambil mengeluarkan suara agar otot" mulut tidak tegang, dan tidak terlihat bergetar saat berbicara...^^

-Lakukan Joke-Joke

Bagian ini disarankan dilakukan minimal 3 orang, (ya kalau sendiri disangka gila). Ini bisa dilakukan dengan teman anda/ pacar anda/ peliharaan anda (jayus mode on).
Tapi ini sangat ampuh untuk mengusir rasa tegang dan juga untuk menghilangkan keringat yang sudah mengumpul di ketiak anda karena rasa grogi anda.

-Selalu Pegang Benda Di Tangan Anda

Bagian ini dilakukan saat anda sedang mempresentasikan, sedang berada di depan umum supaya anda merasa lebih nyaman, apalagi yang dipegang adalah benda kesayangan anda seperti bolpoin, spidol, buku catatan, atau bahkan guling anda jika anda tidak malu.

hanya segitu saja yang bisa saya bantu...
mudah-mudahan membantu...
ini saya dapat dari pengalaman saya sebagai seorang musisi yang sering manggung..
sekali lagi mudah-mudahan bermanfaat...

ingat, "Kesuksesan Diraih Tanpa Adanya Keraguan"

0 komentar:

Posting Komentar